Minggu, 02 Desember 2018

Komsi UGM Goes to Japan, Student Exchange in NIT Kitakyushu College



Departemen TEDI di NIT Kitakyushu College, Japan
Departemen TEDI di NIT Kitakyushu, Fukuoka, Japan

Suatu anugerah yang tidak hentinya saya syukuri. Salah satu mimpi saya telah tercapai, yaitu mengikuti Student Exchange fully-funded beasiswa dan tanpa mengganggu aktifitas belajar saya di bangku perkuliahan. Alhamdulillah semua sesuai harapan, bahkan mungkin melebihi harapan saya. 

Sebelumnya perkenalkan nama saya Rizki Maida Octaviani S, jurusan D3 Komputer dan Sistem Informasi (komsi) angkatan 2016. Bagi yang penasaran saya akan menginformasikan sekilas mengenai program yang saya ikuti. Peserta program ini diikuti oleh sembilan orang mahasiswa dan satu dosen pembimbing. Program ini merupakan salah satu bentuk kerja sama antara Sekolah Vokasi dan NIT Kitakyushu College. Program tidak setiap tahun dilakukan. Jadi, saya beruntung program diselenggarakan kembali sebelum saya menyelesaikan kuliah saya di UGM. Program ini terbuka bagi beberapa jurusan di Sekolah Vokasi, seperti Departemen TEDI yang terdiri dari jurusan D4 Teknologi Jaringan, D3 Teknik Elektro, D3 Komputer dan Sistem Informasi, D3 Elektronika dan Instrumentasi, D3 Metrologi dan Instrumentasi; Kemudian Departemen Teknik Mesin, yaitu jurusan D4 Teknik Pengelolaan & Perawatan Alat Berat dan D3 Teknik Mesin; serta Departemen Bahasa khusunya D3 Bahasa Jepang.

Kegiatan apa saja disana?

Selama disana kami melakukan berbagai kegiatan baik di lingkungan kuliah maupun diluar kegiatan kuliah.

Kegiatan yang kami lakukan diantaranya..

Hari pertama
kegiatan yang kami lakukan setelah melakukan check-in hotel adalah berangkat ke kampus. Hal yang umum tentunya adalah melakukan perkenalan masing-masing individu baik dari pihak kami (Indonesia) maupun pihak Jepang yang akan terlibat dalam keberlangsungan kegiatan kami disana. Selain perkenalan, kami juga menerima beberapa dokumen berupa kartu asuransi, uang saku, akun sebagai hak akses di komputer maupun wi-fi kampus, flashdisk, tiket kereta monorel, dan jadwal selama sepuluh hari disana.

Hari ke-dua

suasana dalam kelas
Suasana di dalam kelas
Hari kedua, kami mendapat pengalaman baru untuk merakit sebuah robot hasil produksi dari NIT Kitakyushu College yang sudah beredar dipasaran. Robot tersebut bernama FOLO, robot yang dilengkapi dengan alat sensor di bagian mata yang berfungsi untuk mengidentifikasi gerakan apa yang akan ia lakukan. Selain itu kami juga berkesempatan untuk melihat teknologi yang dimiliki oleh Kitakyushu College berupa alat cetak plastik yang akan dihasilkan sesuai dengan desain yang diinginkan.

Kemudian selama tiga hari berikutnya kami melakukan berbagai kunjungan industri yang cukup padat, diantaranya..

Hari ke-tiga
Hari ketiga kami mengunjungi Kitakyushu Innovation Gallery dan Kitakyushu Smart Community.

Yaskawa Steel Works
Yakata Steel Works
Selama kunjungan tersebut banyak ilmu pengetahuan yang kami dapatkan. Di Kitakyushu Innovation Gallery kami belajar mengenai perkembangan steel di Jepang tempo dulu hingga sekarang. Di Yakata Steel Works bersama para maister kami dituntun untuk memproduksi suatu produk dari tembaga. Dalam kesempatan itu kami membuat suatu produk sejenis figura atau tempat handphone.

Kemudian kami mengunjungi Kitakyushu Smart Community. Disana kami belajar bagaimana masyarakat Jepang terutama di Kitakyushu sangat peduli terhadap lingkungan. Hal tersebut dapat dilihat dari eco house project; 3R (reduce, reuse, recycling); mobil dengan bahan bakar hydrogen; pemilahan sampah; dan lain-lain.


Hari ke-empat
Kitakyushu Japan Power Supply
Japan Power Supply in Kitakyushu
Hari berikutnya kami berangkat ke Eco Town, kemudian mengunjungi Kitakyushu Next Generational Energy Park dan Kitakyushu Recycle Center. Kitakyushu Next generation merupakan salah satu sumber energi yang memanfaatkan tenaga angin (wind power) dan sinar matahari (solar power) terbaik yang diandalkan Jepang. Terutama pemanfaatan tenaga angin berupa kincir angin yang memiliki dana investasi begitu besar dari pemerintah Jepang. Disini saya dibuat takjub akan kerja keras dan teknologi yang dimiliki Jepang. Kerap kali masalah terjadi pada kincir angin setinggi 100 meter tersebut dan untuk mengatasinya seseorang harus memanjat keatas secara manual yang tentunya sangat beresiko.

Hari ke-lima
Intership at Mishima Kosan Co., Ltd.
Di hari kelima, selain melakukan kunjungan, kami juga berkesempatan untuk melakukan intership in engineering division of Mishima Kosan Co.,Ltd. Disana kami ikut merasakan bagaimana pemanfaatan teknologi robot dalam setiap kegiatan manufaktur yang dilakukan. Seperti memindahkan barang besar, robot yang merekam dan menirukan gerakan, alat pengecekan ketepatan hasil desain pada besi, dan lain-lain.


Menikmati keindahan Kitakyushu di hari ke-enam
Mojiko
Akhir pekan merupakan hari yang ditunggu, kami diberi kesempatan untuk memilih tempat rekreasi yang ingin kami kunjungi. Akhirnya kami mengunjungi tempat yang Professor Yasinobu dan Miss Jiang sarankan, yaitu Mojiko. Tempat yang luar biasa indah untuk bersantai dan melepaskan penat. Disana kami menikmati keindahan laut dengan udara yang segar sembari menyantap aneka kuliner berupa sushi, tempura, ikan segar, dan lain-lain langsung dari marketnya.


Selain itu kami juga berkesempatan untuk merasakan berjalan dibawah laut melalui Kanmon TunnelPanjang totalnya adalah 3461 meter dan kedalaman 58 meter diatas permukaan laut. Titik akhir tunnel tersebut berada di Shimonoseki, Yamaguchi dan Moji-ku, Kitakyushu.


Tidak berakhir disitu, kami kemudian mengunjungi Mojiko Retro.
Mojiko Retro
Disini kami dapat melihat sentuhan Western untuk desain tempatnya. Tempat yang luas dan padat pengunjung. Di tempat ini banyak ditemukan spot foto yang menarik. Di tempat ini pula pengunjung dapat mencoba kendaraan tarik seperti becak, berbelanja aneka souvenir, dan mencoba baju khas jepang "kimono".

 Ada pula jembatan yang dapat ditutup maupun dibuka, yang menghubungkan antar danau (terlihat pada gambar) ditengah tempat ini.



Hari ke-tujuh
Agriculture Park
Kemudian di hari berikutnya, yaitu hari minggu, kami tetap berangkat ke kampus dan mempelajari sekilas mengenai desain 3D CAD software Solidwork. Setelah itu kami kembali memilih tempat yang ingin dikunjungi. Taman agriculture pun menjadi pilihan. Disana kami dapat melihat beberapa jenis hewan yang beberapa diantaranya belum pernah kami lihat sebelumnya. Seperti sapi jepang yang biasa dikenal Wagyu, dan hewan bernama Kapibara.
Hal yang menjadi perhatian adalah daya tarik tempat ini untuk membawa keluarga begitu luar biasa. Kami melihat keceriaan masyarakat disini yang mungkin belum kami lihat sebelumnya selama di Jepang. Ada area bermain anak-anak berupa rumah balon, kolam balon, dan lain-lain. Rumput yang begitu hijau, bersih, dan rapi membuat orang tergoda untuk berbaring diatasnya. Pemandangan begitu indah lengkap dengan taman bunga dan pepohonan yang rindang. 

Hari ke-delapan
Takagi Co., Ltd. watering simulation
Watering simulation and testing at Takagi Co., Ltd.
Hari berjalan begitu cepat, memasuki hari ke delapan kami melakukan kunjungan industri kembali ke Takagi Co. Ltd., yaitu sebuah pabrik watering, yaitu memproduksi beraneka macam alat untuk pengairan. Seperti selang, pot siram bunga, keran, dan lain-lain.



Hari ke-sembilan
Hari ke sembilan kami diberi sebuah tugas latihan membuat desain di software solidwork. Pada hari tersebut kami diberi tahu bahwa kami harus mempresentasikan Sekolah Vokasi di depan president NIT Kitakyushu dan tentunya para professor, staff, dan siswa lainnya. Kami bergegas mencari bahan presentasi sembari mengerjakan tugas yang diberikan. 


farewell party
Farewell party
Sore harinya kami dipanggil untuk menuju tempat farewell party dilaksanakan. Kami merasa istimewa melihat mereka benar-benar mempersiapkan farewell party dengan sangat baik. Disana kami juga diberi kesempatan untuk saling mengenal siswa disana sambil menikmati hidangan yang disajikan. Kami tidak menyangka bahwa waktu berjalan begitu cepat. Kami merasa seperti keluarga disana. Jika suatu saat waktu mengijinkan, kami berharap dapat berjumpa kembali. 



Hal yang kami lakukan diluar program..
Kokura Castle
Kami menyadari bahwa waktu exchange tidaklah panjang, untuk itu kami tidak ingin membuang waktu hanya untuk tidur atau beristirahat. Kegiatan selama disana cukup padat, sehingga untuk benar-benar menikmati free time selain weekend adalah dengan berjalan-jalan menikmati keindahan malam. Beruntung banyak tempat wisata yang dapat dengan mudah dijangkau dan berlokasi tidak jauh dari hotel tempat kami menginap. Misalnya saja, tempat wisata seperti river walk, kokura castle,tangga market, dan area berbelanja seperti dongki.

Dan hal penting lainnya yang membuat kami bahagia adalah...

This program not only fully funded, but totally fully funded..
Mengapa demikian? Karena tidak semua program fully-funded termasuk kedalam tiket pesawat, dan  biasanya visa diurus menggunakan uang pribadi. Kami sangat berterimakasih kepada sakura science yang telah memberikan kami full beasiswa mulai dari tiket pesawat, visa, uang saku, transportasi, penginapan, dan lain sebagainya. Terimakasih pula kepada Sekolah Vokasi yang telah menjalin kerjasama dengan NIT Kitakyushu College, sehingga kegiatan ini dapat direalisasikan. Terimakasih kepada pihak-pihak yang terlibat, KUI SV UGM (Mbak Tiyas); Pak Bram pembimbing kami yang selalu mengajarkan untuk bangun lebih pagi :D.. Miss Jiang yang begitu baik, ramah, dan peduli dengan kami semua; Professor Yasinobu yang dalam kesibukan tetap dapat menemani kami selama kegiatan berlangsung; dan para pengajar lainnya yang selalu menyambut kami dengan hangat. Terimakasih pula untuk teman-teman yang mengikuti program ini.  Begitu menyenangkan dapat mengenal kalian.

Saya sangat menyadari bahwa artikel diatas belumlah sempurna. Jika masih ada pertanyaan seputar kegiatan exchange atau mungkin ada topik yang ingin saya bahas, silakan tinggalkan pesan di kolom komentar. Insyaallah jika memungkinkan akan saya bahas di lain artikel.

Bagi mahasiswa Universitas Gadjah Mada, berikut adalah situs resmi kegiatan international yang diselenggarakan UGM. Jika kalian tertarik untuk mengikuti Student Exchange, International Conference, atau apapun itu jangan lupa untuk terus memantau situs ini..
Klik disini


Terimakasih.. :)


Ingin mengetahui lebih jauh tentang Kitakyushu, Fukuoka, Japan?
Here is the video that might help..




22 komentar:

  1. γ™γ”γ„γ„πŸ‘πŸ‘

    BalasHapus
  2. Lebih detail lagi,, lebih banyak ceritanya biar pada kepo lagi sama kitakyushu dan biar tau gimana aja disana πŸ˜‚

    BalasHapus
  3. γ„γ„θ¨˜δΊ‹γ§γ™!πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. γ‚γ‚ŠγŒγ¨γ† ございます.. :D

      Hapus
  4. wahh keren kak rizki. foto-fotonya diperbanyak bisa kak, pengen lihat jepang kayak apa :D

    BalasHapus
  5. Mantap banget kawan ku ..

    BalasHapus
  6. Tulisan bagus kak rizki. Bikin pengen hahah

    Mampir kesini juga ya kak!
    https://blog-komsi-ugm.blogspot.com/2018/12/kuliah-di-komsi-ugm-mau-jadi-apa.html

    BalasHapus
  7. waaaaahhhh menarik sekali kakak. sesekali tampilin foto aku dong kak wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya gk fokus ke orangnya nih. Tapi ke foto nya yang kebetulan pas untuk mewakili moment. Hehe.. Btw ini siapa saya juga tidak tau :D

      Hapus
  8. Balasan
    1. KOMSI -> D3 Ilmu Komputer dan Sistem Informasi.. :)

      Hapus
  9. Sangat bermanfaat ! Semoga sukses selalu ~~~

    BalasHapus
  10. Ihhhh pengen rizzzz, nyesel ih gatau infonya wkwk. Sukses terus yappp 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencoba dikesempatan berikutnya :)) Good luck

      Hapus

Pesan, Kritik, Komentar, Silakan..

Komsi UGM Goes to Japan, Student Exchange in NIT Kitakyushu College

Departemen TEDI di NIT Kitakyushu, Fukuoka, Japan Suatu anugerah yang tidak hentinya saya syukuri. Salah satu mimpi saya telah terca...